Minggu, 18 September 2011

HARI MAHASISWA KEDOKTERAN INDONESIA


Tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa kedokteran Indonesia memiliki peran penting dalam membangun bangsa Indonesia. Pada zaman penjajahan, mahasiswa kedokteran menetaskan pemikirannya dengan membentuk organisasi yang memiliki cita-cita yang luhur bagi bangsa Indonesia. Organisasi ini diberi nama budi utomo.
Budi utomo banyak memberikan prestasi bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan. Selain itu, organsasi pemuda ini juga mengkonduksi pemikiran rakyat Indonesia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang mandiri dan besar. Sehingga rakyat Indonesia sadar bahwa mereka tidak bisa tinggal diam dengan penjajahan yang terjadi selama ini.
Peristiwa bersejarah lain adalah peristiwa malari. Hariman siregar sebagai mahasiswa kedokteran Indonesia menjadi pelopor dalam pergerakan mahasiswa untuk menolak liberalisme dan campur tangan asing dalam urusan rumah tangga Indonesia. Inilah beberapa contoh perjuangan mahasiswa kedokteran Indonesia sebagai wujud kepeduliannya terhadap rakyat Indonesia.
Tahun 2011 ini adalah tahun bagi mahasiswa kedokteran Indonesia. Tiga puluh tahun yang lalu di Makasar, tepatnya pada tanggal 20 september 1981 Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia ( ISMKI ) berdiri dan dideklarasikan sebagai wadah bagi mahasiswa kedokteran Indonesia. Hari jadi ISMKI ini juga dijadikan
sebagai hari mahasiswa kedokteran Indonesia. Dahulu ISMKI bernama Ikatan Mahasiswa Kedokteran Indonesia ( IMKI ). IMKI dideklarasikan oleh mahasiswa kedokteran Indonesia di Cimacan pada tahun 1969. Dikarenakan adanya kebijakan pemerintah mengenai Normalisasi Kebijakan Kampus ( NKK-BKK ) maka IMKI berubah nama menjadi ISMKI.

ISMKI memiliki fungsi sebagai wadah utama bagi mahasiswa kedokteran Indonesia untuk beraktifitas, berkreasi, menyampaikan aspirasi dan wadah untuk membangun bangsa Indonesia.
Dalam menjalankan fitrahnya, ISMKI memiliki berbagai tantangan. Dimulai dari antusias mahasiswa kedokteran Indonesia yang menurun dalam beraktivitas diluar bangku kuliah, sampai permasalahan pragmatism wadah organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia.
Jika kita melihat kondisi wadah mahasiswa kedokteran sekarang ini, banyak bermunculan berbagai wadah yang bergerak sesuai dengan area kerjanya masingmasing. Diantara profesi lain, mahasiswa kedokteranlah yang memiliki banyak organisasi. Memang bukan hal yang salah, namun jika pada akhirnya aktivitas dan
pergerakan mahasiswa kedokteran Indonesia menjadi pragmatis dan terpecah belah, apakah kita mahasiswa kedokteran Indonesia diam begitu saja. Mahasiswa kedokteran akan semakin terpecah belah dan berjalan tidak sinergis satu dengan yang lainya.
Tantangan lain adalah banyak sumber daya manusia yang tidak sadar label mahasiswa kedokteran yang tersemat dalam pribadi masing-masing. Kebanyakan dari mahasiswa kedokteran Indonesia menutup mata terhadap keadaan di sekelilingnya dengan alasan hanya ingin hidup dari ilmu bangku kuliah saja. Pada tahun 2008 lalu di makasar telah dideklarasikan tentang jati diri mahasiswa kedokteran Indonesia.
Mahasiswa kedokteran Indonesia memiliki peran sebagai agent of change, agent of health dan agent of development. Jati diri ini akan menjadi bermakna jika benar diterapkan oleh mahasiswa kedokteran Indonesia, namun akan sia-sia jika hanya sebagai simbol semata.
Pada dasarnya ISMKI memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi. Sudah 30 tahun ISMKI berdiri, itu artinya sudah banyak para pelaku sejarah yang mengiringi perjalanan ISMKI.Pada momentum HMKI ini, para pelaku sejarah ISMKI akan didudukkan bersama untuk memberikan masukan dan berdiskusi dengan generasi muda yang sedang gigih membangun bangsa Indonesia melalui wadah ISMKI. Inilah momentum bersejarah bagi mahasiswa kedokteran Indonesia untuk merapatkan barisan, menjawab tantangan dan duduk bersama untuk melahirkan karya bagi Indonesia. Tahun ini akan menjadi tahun gemilang bagi mahasiswa kedokteran Indonesia.

Universitas Yarsi menjadi tuan rumah untuk acara HMKI pada tahun ini. Dengan membawa konsep,Pemuda
Indonesia serta Peranan Mahasiswa untuk Kesehatan Bangsa, Kegiatan HMKI akan diisi dengan banyak kegiatan diantaranya adalah:

1. Workshop, Talkshow dan Diskusi Panel
2. Diskusi Interaktif Organisasi Mahasiswa Kedokteran
3. Sarasehan

Dimana Workshopnya sendiri, dibagi menjadi tiga sesi dengan tiga pembicara yang luar biasa,

dengan menggiring tema besar Mahasiswa Indonesia, Riwayatmu Kini
a) Efektifitas Peran dan Pergerakan Mahasiswa Dalam Pembangunan Bangsa, dengan pembicaranya adalah Mantan aktivis Mahasiswa, Hariman Siregar
b) Permasalahan Bangsa Indonesia dan Peran Pemuda Indonesia dengan pembicaranya dari perwakilan Menpora 
c) Pendidikan Tinggi dan Pembangunan Karakter Mahasiswa Indonesia dengan pembicaranya adalah seorang Akademisi Anis Baswedan




Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi interaktif, yang bertemakan Rapatkan Barisan, Gapai Impian. Ini adalah sesi yang paling seru dimana masing-masing perwakilan organisasi duduk di depan, berbicara tentang kondisi mahasiswa kedokteran Indonesia. Kemudian ada diskusi interaktif bersama audiens. Ditutup dengan deklarasi.

Organisasi-organisasi tersebut adalah :
a) Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia ( ISMKI )
b) Asean Medical Student Association ( AMSA )
c) Centre Indonesian Medical Student Activity ( CIMSA )
d) Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran ( FULDFK )
e) Perhimpunan Tim Bantuan Medis Kedokteran Indonesia ( PTBMKI )

Acara yang dipastikan berlangsung selama seharian ini, dijamin bakalan seru dan membuka mata kita sebagai mahasiswa Kedokteran Indonesia.
Oh ya, ACARA INI diadakan TANGGAL 25 SEPTEMBER 2011 lho,,
jadi bagi yang berminat, segera hubungi saya panitianya, atau bisa mengunduh PROPOSALNYA DI SINI

Saya sendiri sedih karena sampai saat ini belum bisa memastikan untuk berangkat mengikuti kegiatan ini, karena banyaknya agenda yang sudah saya buat sebelum-sebelumnya yang bertepatan dengan Acara HMKI ini..
SEMOGA ACARANYA LANCAR DAN MEMBAWA PERUBAHAN BAGI MAHASISWA KEDOKTERAN INDONESIA

BAGI YANG BERNASIB SAMA DENGAN SAYA, YANG MUNGKIN TIDAK BISA BERKONTRIBUSI HADIR DI SANA SECARA LANGSUNG,
TEMAN2 TETAP BISA BERKONTRIBUSI DENGAN CARA MEMASANG PHOTO DIOATAS SEBAGAI PROFIL PICRTURE DI FB TEMAN2..
SEHINGGA MOMENTNYA BISA DAPAT DI SETIAP INSTITUSI..
YUK RAME2 JADIKAN PROFIL PICTURE.. ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata kata Anda, Motivasi bagi Saya

PENCARIAN