Minggu, 27 Juni 2010

Fokuslah Pada Apa Yang Anda Inginkan

Seandainya saya meminta Anda sekarang untuk tidak memikirkan gajah dengan warna biru,apa yang akan Anda pikirkan agar tidak memikirkannya? Ya benar-Gajah biru. Pikiran kita tidak bisa memproses kebalikannya. Saya ingat, ketika saya dirumah menyuruh adik saya untuk tidak mengambil makanan yang ada di meja makan- tapi ia malah melakukannya. Jika Anda memiliki sebuah pemikiran atau representasi Internal akan sesuatu yang tidak Anda inginkan, maka itulah yang akan anda dapat. Tentunya sebaliknya, Fokus pada apa yang Anda Inginkan. Ini sangat penting ketika Anda berusaha mengejar impian Anda. Jika Anda fokus pada apa yang tidak ingin anda gapai atau anda fokus pada semua hal yang bisa menghalangi Anda mewujudkan impain Anda, maka waspadalah-sepertinya Anda akan mewujudkan hal tersebut untuk diri anda. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Kita akan membahas hal tersebut di bab ini :
Apakah anda pernah berada pada peristiwa yang sma dengan orang lain dan kemudian mengetahui bahwa Anda memiliki pengalaman yang benar-benar berbeda dengan dia? Coba ingat kembali, misalnya terakhir kali anda menghadiri pesta pernikahan dan setelah membahas acara tersebut dengan salah satu sahabat anda. Betapa berbedanya pengalamannya dengan anda? Bagaimana bisa padahal Anda berdua berada di tempat dan  waktu yang sama, tetapi memiliki pengalaman yang begitu berbeda? Mungkin saja akhirnya anda bertanya-tanya apakah anda  benar-benar berada di pesta pernikahan yang sama dengannya
Setiap detik, ketika kita menjalani kehidupan kita, peristiwa luar sedang mempengaruhi pikiran kita. Kita mungkin saja mengobrol dengan teman kita atau menikmati makan lezat dengan pasangan kita. Semua itu tidak ada masalah. Semua peristiwa akan masuk ke dalam sistem otak kita setelah melalui filter pribadi kita. Masing-masing kita mempunyai serangkaian filter yang berbeda, bahkan jika kita berasal dari satu keluarga sekalipun.
Setelah informasi masuk ke dalam filter kita, kita membuat gambaran di kepala kita, mendengarkan suara, memiliki perasaan dan kita berbicara dengan diri kita sendiri. Di NLP, kita menyebut gambaran semacam ini sebagai “representasi internal'’. Gambaran-gambaran itu hanya representasi dari kenyataan, bukan kenyataan itu sendiri. Representasi Internal anda sendiri bersifat unik bagi anda. Itulah cara Anda memandang dunia-peta dunia atau peta pemikiran anda. Jika kita menciptakan suatu representasi internal positif yang didukung oleh percakapan positif dengan diri sendiri tentang suatu kejadian, kita akan memiliki kondisi emosi yang lebih positif, di mana ini berarti bahwa kemungkinan besar akan mendapatkan hasil yang kita inginkan. Kondisi emosi merupakan total keseluruhan proses otak yang terjadi di dalam diri anda pada suatu waktu tertentu. Cara yang lebih sederhana untuk mengungkapkan hal ini adalah bahwa kondisi emosi merupakan mood Anda pada suatu waktu tertentu.
Untungnya, ada kabar yang cukup bagus yaitu bahwa kita bisa memprogram pikiran kita agar berada pada mood yang positif kapanpun kita menginginkannya demikian. Kita bisa memilih cara kita merepresentasikan dunia kepada diri kita. Hal ini bisa menbuka peluang-peluang emas, dan saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara melakukannya.
LATIHAN PENGENDALIAN MOOD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata kata Anda, Motivasi bagi Saya

PENCARIAN